Soal Matematika SD – “Mari Kita Saling Berbagi”

Buat teman-teman yang ingin membantu permasalahan yang ditemui oleh Favo kelas 5 SD 06 TLOGOSARI, silahkan tulis jawabannya di kotak komentar di bawah.

Ketika memberi les saya sering menemui soal seperti ini (tentang jarak, kecepatan dan waktu). Jika saya menjelaskan kepada anak SMA tentu saja akan lebih mudah, masalahnya, soal ini untuk anak SD kelas V atau VI. Ketika menjelaskan, murid les saya mengatakan bahwa ia sudah jelas, namun dalam benak saya, kok sepertinya dia belum jelas 100% sehingga saya belum benar-benar merasa puas.

Saya sudah menemui kejadian tersebut beberapa kali, dan ujung-ujungnya juga sama. Di buku-buku, jawaban dari soal tersebut, biasanya menggunakan pendekatan rumus dan jarang yang menggunakan pendekatan logika. Dan hal ini mengakibatkan mereka untuk menghafal rumus dan kemudian menghafal soal. Mau bantu ???

Begini pertanyaannya: 

pak/bu tolong dong kasih tahu cara jawab soal ini;Jarak kota A ke B 250KM Kalo adi berangkat dari kota A pukul 08.30 ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50KM/jam dan Ida dari kota B dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam berangkatnya jamnya sama, pertanyaannya pada pukul berapa mereka berdua bisa ketemuan?

Sederhana dan mudah bukan ?

Soal Matematika SD – “Mari Kita Saling Berbagi” | istiyanto | 4.5