Soal Pengayaan SD (Bergambar)

Advertisement

Pada posting sebelumnya saya telah menyajikan beberapa soal pengayaan Matematika untuk siswa SD. Sebagian bergambar dan sebagian tidak. Namun semuanya dengan bahasa Inggris. Kali ini saya akan postingkan soal-soal Matematika (pengayaan), khusus soal-soal yang disertai dengan gambar dan berbahasa Indonesia. Kiranya bermanfaat untuk Anda.

Soal 1:

Pada gambar berikut, AC merupakan diamater dari lingkaran dengan pusat O. Segitiga ABC merupakan segitiga sama kaki dengan sudut C = 90 derajat. D merupakan sebuah titik pada AD. Busur CD merupakan bagian dari lingkaran dengan pusat B. Jika AC = 10 cm, carilah luas daerah yang diarsir ! (gunakan phi = 3)

Soal 2:

Pada gambar berikut, ABC adalah segitiga siku-siku. Setengah lingkaran digambar di sisi segitiga. Tentukan luas total tiga setengah lingkaran jika AC = 13 cm. (gunakan phi = 3)

Soal 3:

Berapa banyak langkah yang berbeda dari gambar berikut yang dimulai dengan “M” dan diakhiri dengan “S” sehingga menjadi kata “Matematika” ?

Soal 4:

Gambar berikut terdiri dari persegi panjang kecil yang identik (sama besar), dan memiliki luas 8 cm persegi. A, B, E, F dan G merupakan titik-titik pada persegi kecil. C dan D merupakan titik-titik pada ruas AB. Jika CD = 2/3 AB, tentukan luas yang diarsir !

Soal 5:

Berapa banyak jalur terpendek yang dapat ditempuh dari P ke Q ?

Cukup sekian dulu ya .. .lain kali disambung lagi !

Mohon menjadi catatan: soal-soal tersebut hanya digunakan untuk materi pengayaan dan persiapan Olimpiade Matematika.

Salam,

Istiyanto

Advertisement
Soal Pengayaan SD (Bergambar) | istiyanto | 4.5