Strategi Memilih Jurusan/PTN

Inti dari strategi memilih jurusan/PTN adalah menentukan pilihan jurusan yang tingkat persaingannya sesuai dengan kemampuan akademik siswa. Disini dibutuhkan data klasifikasi PTN maupun jurusannya dan tingkat kemampuan akademik siswa yang bersangkutan. Masalahnya memang tidak sederhana karena data tersebut tidak dimiliki oleh umum. Dengan demikian, yang dapat dilakukan adalah memprediksi klasifikasi jurusan dan memprediksi tingkat kesiapan akademik (kemampuan) siswa.

Memprediksi klasifikasi jurusan

Klasifikasi tingkat persaingan pada jurusan dapat diperkirakan dari reputasi PTN-nya, data peminat dan daya tampung jurusan yang dimaksud dikaitkan dengan pengalaman siswa-siswi tahun sebelumnya tentang berapa kira-kira nilai SPMB siswa yang diterima pada jurusan tertentu. Hasil analisis seperti di atas dapat dituangkan dalam bentuk prediksi passing grade jurusan yang diinginkan.

Memprediksi tingkat kemampuan akademik

Memprediksi tingkat kemampuan akademik dapat dilaksanakan dengan membuat soal tes stimulasi/try-out dengan jumlah soal, tingkat kesulitan, waktu serta sistem penilaian yang sama dengan SPMB. Dengan mengikuti beberapa kali stimulasi SPMB, siswa akan mengetahui rata-rata yang diperoleh. Inilah yang menjadi acuan pemilihan jurusan.

Kiat Menentukan Pilihan Jurusan

Menentukan pilihan jurusan menyangkut resiko berhasil atau gagal dan berkaitan dengan masa depan. Oleh sebab itu siswa harus menentukan pilihan sendiri keputusan yang diambil. Penulis hanya memberikan gambaran/komentar tentang komposisi pilihan yang sebaiknya dibuat.

Meskipun passing grade setiap jurusan bisa berubah setiap tahun, perlu kiranya diperhatikan data passing grade tahun-tahun sebelumnya. Pilihan pertama pada SPMB sebaiknya mempunyai passing grade yang tidak terlalu jauh dari rata-rata hasil tes stimulasi SPMB siswa yang bersangkutan. Sedangkan pilihan kedua adalah jurusan yang passing grade nya sekitar 5% hingga 10% lebih kecil dari passing grade pilihan  pertama.

Referensi:

Faster, Bob dan Herlin. 2006. 1001 Soal dan Pembahasan Matematika Siap Sukses SPMB. Jakarta: Penerbit Erlangga

Strategi Memilih Jurusan/PTN | istiyanto | 4.5