Sudahkah Anda mencoba Picasa ?

Selain dengan flickr dan photobucket kita dapat meletakkan file-file foto kita di penyedia server gratis, yaitu picasa yang dimiliki oleh google. Mengapa kita perlu menggunakan picasa ? Seperti halnya flickr dan photobucket, dengan menyimpan file-file di penyedia server gratis, maka kita tidak perlu memasukkan file-file kita di server kita (jika Anda sudah langganan hosting dan domain), sehingga akan menghemat kapasitas server kita.

Lalu apa untungnya bagi para blogger ? Ya, bagi Anda para blogger yang setia dengan blogspot atau wordpress, maka dengan menyimpan file-file foto kita di picasa, maka kita akan mendapatkan alamat url yang dapat kita pasang di blog kita, sehingga kita dapat memajang foto-foto kita dengan tampilan biasa atau slide show. Berapa banyak foto yang dapat kita simpan di picasa ?

Anda dapat menyimpan foto-foto Anda maksimal kapasitasnya 1 GB. Dengan kapasitas sebesar 1 GB Anda dapat menyimpan banyak foto dan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Sebenarnya dengan flickr dan photobukcet pun Anda juga akan mendapat kapasitas sebesar 1GB.

Lalu, apa kelebihan picasa dibandingkan dengan flickr dan photobucket ? Menurut saya, picasa memiliki kelebihan pada proses upload yang dapat dilakukan dengan dengan sofware offline picasa. Dengan sofware picasa ini pula Anda dapat menggunakan untuk membuat offline slideshow layaknya ACDSee atau Nero Snap Viewer. Selain itu picasa didukung oleh raksasa search engine goolgle sehingga file-file foto kita dapat ter-share dengan sendirinya.

Kelemahannya apa ya ? Picasa sebagai online storage memiliki kelemahan pada sisi tampilan menu yang tidak user friendly, sehingga cukup membingungkan jika user baru ingin mencoba fasilitas yang disediakan oleh picasa.

Bagaimana langkah-langkah untuk upload foto di picasa:

  1. Untuk mendownload sofware picasa anda klik di http://picasa.google.com sedangkan jika Anda ingin memperoleh account gratis picasa Anda klik di http://picasaweb.google.com
  2. Lakukan proses upload seperti di flickr atau photobucket
  3. Selamat mencoba !!!

Sudahkah Anda mencoba Picasa ? | istiyanto | 4.5