Teknologi Tidak Mutlak Masuk Sekolah

Siapa bilang teknologi harus digunakan di sekolah ? Sampai saat ini belum ada penelitian yang jauh mengenai dampak penggunaan teknologi di sekolah khususya di Indonesia. Teknologi bisa membawa dampak yang baik, tetapi juga tidak boleh diabaikan bahwa teknologi juga bisa membawa dampak negatif. Adanya teknologi di sekolah adalah baik. Namun perlu ditinjau kesiapan masing-masing komponen di sekolah. Misalnya, infrastruktur dan sumberdaya manusianya.

Teknologi hanyalah salah satu sarana dari berbagai macam sarana yang dapat digunakan guru untuk mendukung proses belajar-mengajar. Guru juga tidak harus mengandalkan teknologi ketika mengajar. Masih banyak cara yang dapat digunakan untuk menarik siswa masuk ke dalam materi yang ingin disampaikan. Yang paling penting adalah bahwa siswa merasa nyaman dan materi dapat masuk dengan mudah ketika guru menerangkan.

Namun saat ini ada kesan bahwa sekolah yang maju adalah sekolah yang memiliki fasilitas teknologi yang canggih. Misalnya, sekolah memiliki fasilitas proyektor LCD, sound system, multimedia dan lain-lain. Orang tua dan siswa pun tergiru dengan tawaran-tawaran tersebut karena memiliki fasilitas-fasilitas di atas tanpa memperhatikan faktor-faktor yang lain. Padahal kualitas belajar-mengajar tidak terlalu bergantung dari ada atau tidaknya teknologi.

Peran guru dan infrastrukur sekolah menjadi faktor utama dalam masuknya teknologi di sekolah. Jika sumberdaya yang ada disekolah belum siap, sebaiknya jangan gunakan dulu teknologi dalam proses belajar-mengajar. Ketidaksiapan sumberdaya sekolah berakibat fatal jika teknologi dipaksakan masuk di sekolah. Ditambah kontrol dari pimpinan sekolah akan semakin membawa dampak yang buruk bagi siswa. Guru cenderung asal-asalan ketika menggunakan teknologi. Sedangkan siwa menerima begitu saja apa yang disampaikan guru.

Adanya teknologi tidak berarti siswa dapat mengerti benar apa yang disampaikan guru. Siswa hanya cenderung menjadi pendengar yang baik, pasif  dan hanya mengerti kulitnya saja tanpa mengetahui isi materi yang disampaikan guru. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua materi pembelajaran dapat disampaikan dengan teknologi.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika sekolah akan menggunakan teknologi dalam pembelajaran:

1. Perlu diperiksa dengan baik apakah sumberdaya di sekolah sudah siap menerima teknologi ini ? Guru, siwa dan karyawan sekolah. Jangan-jangan teknologi hanya dapat digunakan oleh segelintir guru saja. Apakah semua guru bisa menggunakannya. Bila perlu lakukanlah penelitian dan pelatihan.

2. Perlu diadakan pertemuan bersama dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Kesepakatan-kesepakatan antarguru dan siswa perlu ditulis dan disetujui kepala sekolah.

3. Koordinasi tim teaching untuk memilah-milah materi mana yang perlu dan tidak perlu untuk penggunaan teknologi.

4. Perlu diperhatikan masalah perawatan (maintenance). Jangan-jangan hanya bisa beli dan tidak bisa merawatnya.

Dari hal-hal tersebut, tidak berarti bahwa saya adalah orang yang antipati terhadap teknologi. Perencanaan dan penggunaan teknologi yang baik jauh akan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa daripada menggunakan teknologi hanya untuk pamer atau asal-asalan. Mari kita manfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk kemajuan pendidikan kita.

Teknologi Tidak Mutlak Masuk Sekolah | istiyanto | 4.5