Tips Sukses Homeschooling Bagi Anak

Tips Sukses Homeschooling Bagi Anak – Saat ini alternatif belajar bagi anak bisa melalui wadah Homeschooling. Di kota-kota besar di Indonesia Homeschooling sudah mulai berkembang dan sudah memiliki banyak siswa. Menanggapi fenomena tersebut, kali ini saya akan posting mengenai tips bagi orang tua yang menginginkan anaknya belajar di Homeschooling sehingga kebutuhan siswa dapat terlayani dengan baik seperti halnya pendidikan formal di sekolah. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang-tua agar anak bisa sukses dalam Homeschooling (menurut Karina Adistiana – psikolog pendidikan).

Komitmen
Atur tujuan pendidikan, metode, jadwal berkegiatan dengan anak, lokasi fisik, sumber informasi, evaluasi belajar, dan berbagai aspek lain. Buat kesepakatan dengan anak tentang bagaimana proses pendidikan akan berlangsung, termasuk keaktifan anak maupun orang-tua serta keterbukaan semua pihak terhadap kritik dari pihak lain. Kembangkan kemandirian dalam keluarga. Ini salah satu kunci untuk Homeschooling. Bukan hanya anak lho, orang-tua juga harus menampilkan kemandirian dan kebiasan baik. Pahami peran orang-tua sebagai role model.

Informasi apa
Cari informasi sebanyak-banyaknya, termasuk kebijakan pemerintah, pilihan metode, kurikulum, materi dan cara evaluasi yang diterapkan. Ragam pilihan sistem pendidikan lain dan berbagai kemungkinan. Jalin komunikasi dengan orang-orang yang menjadi praktisi Homeschooling, cari tahu pengalaman mereka.


Observasi
Perhatikan cara anak belajar, bagaimana ia menanggapi tantangan dan kebutuhan-kebutuhan anak.

tips homeschooling

tips homeschooling

sukses homeschooling

sukses homeschooling

homeschooling di Indonesia

homeschooling di Indonesia

Komunikasi
Cari tahu pengalaman praktisi Homeschooling.

Fleksibilitas
Jangan terlalu cepat memilih kurikulum. Perhatikan reaksi anak terhadap beragam metode. Perhatikan kondisi fisik dan psikologi anak. Beri anak waktu istirahat yang cukup agar ia juga nyaman dan tetap fokus dalam memaknai pengalaman barunya. Berikan apresiasi yang cukup untuk anak.

Evaluasi
Lakukan evaluasi berkal terhadap perkembangan anak. Jangan ragu untuk melakukan perubahan bila dirasa perlu.

Demikian informasi Tips Sukses Homeschooling Bagi Anak. Semoga Tips Sukses Homeschooling Bagi Anak dapat bermanfaat bagi orang-tua dan anak ketika akan memilih Homeschooling untuk pendidikan anaknya. Ke depan blog ini juga akan menampilkan artikel-artikel menarik lainnya.

(Artikel diambil dari Majalah Intisari Maret 2014)

Tips Sukses Homeschooling Bagi Anak | istiyanto | 4.5