TRIK BELAJAR EFEKTIF DALAM UJIAN (2)

Jika pada bagian pertama sudah dijelaskan trik pertama, yaitu persiapan, maka pada bagian kedua ini saya akan menjelaskan trik yang kedua.

2. Memilih Strategi yang Tepat
Tentara yang akan berperang pasti sudah mempersiapkan strategi yang matang sebelum berperang. Jika Anda ingin berhasil dalam ujian, maka Anda juga harus punya strategi yang jitu atau teknik yang tepat. Tidak hanya belajar yang “biasa-biasa” saja, karena Anda akan mudah dikalahkan oleh lawan-lawan Anda. Untuk itu beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memilih strategi yang tepat adalah:
Pada saat belajar:
1. Proses untuk mengawali belajar Anda adalah dengan melihat secara keseluruhan konteks materi yang akan diujikan, ingat hanya “melihat” dulu dengan membuka atau membolak-balik catatan. Hal ini dilakukan agar Anda mempunyai kerangka berpikir yang lengkap tidak hanya parsial saja. Selain itu cara ini juga berguna untuk melakukan strategi apakah yang ingin Anda lakukan dalam belajar, karena Anda sudah mengetahui seberapa banyak materi yang diujikan termasuk kedalaman materinya. Dengan langkah ini rasa kebosanan atau kemalasan semakin berkurang dan menimbulkan gairah untuk bealajar.

2. Jika langkah 1  sudah Anda lakukan, maka proses selanjutnya adalah menentukan strategi. Langkah ini tergantung dari materi yang diujikan  (eksak atau non eksak). Jika materi yang diujikan eksak, maka prosentase untuk membaca dan memahami 30 % dan selebihnya digunakan untuk latihan. Sebaliknya untuk materi non eksak, prosentase untuk membaca dan memahami 70 %, selebihnya digunakan untuk latihan atau mencoba membuat soal kemudian menjawabnya sendiri.

3. Gunakan cara-cara cepat tanpa harus meninggalkan pemahaman soal. Hati-hati pada langkah ini, banyak cara-cara singkat yang ditawarkan oleh lembaga bimbingan belajar, namun biasanya cara-cara singkat tidak dapat diterapkan untuk semua soal atau hanya untuk soal-soal tertentu saja. Lebih aman jika Anda menggunakan cara biasa namun Anda memahami prosesnya daripada menggunakan cara cepat tetapi Anda tidak tahu prosesnya.

4. Perbanyak mengikuti try out untuk mengukur kemampuan Anda

Pada saat ujian:
1. Percaya pada keyakinan Anda bahwa Anda bisa mengerjakan, karena Anda sudah melakukan persiapan
2. Berdoa sebelum Anda mengerjakan soal, karena hal ini akan menenangkan pikiran Anda
3. Isi data pribadi Anda secara teliti, cermat dan benar, karena ini nyawa kedua Anda dalam ujian, biasanya untuk soal-soal pilihan ganda dan menggunakan lembar jawab komputer
4. Jangan terbutu-buru mengerjakan soal, santai dan nikmatilah, lihat secara keseluruhan soal-soalnya, apakah semua soal lengkap ??
5. Pilihlah soal yang menurut Anda paling mudah dan jika tidak bisa, langsung ke soal berikutnya
6. Jangan terkecoh dengan teman2 Anda dalam ujian yang sudah selesai ujian, karena biasanya mereka hanya ingin menggangu konsentrasi Anda dan mereka belum tentu bisa mengerjakan soal.
7. Usahakan mengerjakan soal sampai batas waktu yang ditentukan. Periksa kembali jawaban Anda, jika Anda mempunyai waktu lebih.
8. Jika sudah selesai, periksa kembali jawaban Anda 3x, untuk menghindari hal-hal yang belum dikerjakan atau tidak sendiri.

Akan tetapi, setiap orang memiliki style dan kebiasaan belajar sendiri-sendiri, semua yang saya tuliskan hanya berdasar pada pengalaman saya dan bukan bermaksud untuk menggurui Anda. Semoda bermanfaat.

TRIK BELAJAR EFEKTIF DALAM UJIAN (2) | istiyanto | 4.5