TUTORIAL MEMBUAT DATABASE DENGAN MICROSOFT ACCESS 2013 – BAGIAN 1

Pada bagian ini saya akan menyajikan tutorial pembuatan database access menggunakan Microsoft Access 2013. Sudah lama sekali saya tidak update tutorial access yang pernah saya buat hampir 10 tahun yang lalu. Kini tutorial ini saya update sedikit-demi-sedikit dengan beberapa tambahan yang saya ambilkan dari beberapa sumber di internet.

Setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat:

  1. Memahami pengertian database
  2. Memahami database pada Microsoft Access 2013
  3. Memahami tipe data pada Microsoft Access 2013
  4. Mengatur tipe data pada Microsoft Access 2013
  5. Membuat tabel pada Microsoft Access 2013


Pengertian Database

Database adalah suatu kumpulan data-data yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk informasi yang berguna.

Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama. Contohnya: data siswa, data guru, data pegawai, data penjualan, dll. Demikian juga, kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data guru, data-data keuangan dan lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam data, misalkan dapat berupa program, lembaran-lembaran untuk entry (memasukkan) data, laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database.

Saya berusaha untuk mencantumkan beberapa sumber yang saya ambil, tetapi krianya mohon maaf jika beberapa sumber belum tercantum di tutorial ini. Jika ada masukan dan saran dapat Anda sampaikan melalui email saya istiyantobiz[at]gmail.com.

Download Tutorial Pembuatan Database bagian 1

Kunjungi blog ini terus untuk mendapatkan tutorial berikutnya.

TUTORIAL MEMBUAT DATABASE DENGAN MICROSOFT ACCESS 2013 – BAGIAN 1 | istiyanto | 4.5