Tutorial Pembuatan Blog dengan WordPress

Untuk membuat blog yang mudah dan gratis tidaklah sulit. Di internet kita bisa menemukan situs-situs yang menyediakan layanan pembuatan blog secara gratis. WordPress.com merupakan salah satu situs yang dapat Anda kunjungi untuk membuat blog yang cepat, mudah dan gratis. Dengan wordpress kita dapat menulis cerita, membuat tutorial dan saling memberi komentar antarblogger dengan mudah.
Salah satu keunggulan wordpress dibandingkan dengan blog-blog lainnya adalah pada sisi komentar dan tampilan yang nyaman di mata. Kelebihan lainnya adalah pada sisi posting. Untuk membuat readmore, kita tidak perlu menambahkan script khusus seperti halnya pada blogspot.

WordPress memberikan 2 layanan dalam pembuatan blog. WordPress.com, merupakan layanan untuk pembuatan blog secara gratis, sedangkan wordpress.org merupakan layanan dari wordpress dengan layanan self hosting. Artinya blogger harus memiliki domain dan hosting sendiri jika ingin membuat blog di wordpress.org. Saat tutorial ini dibuat wordpress sudah merilis seri 2.7.1 dengan tampilan dashboard (manajemen blog) yang flexible, user-friendly dan menyediakan berbagai plugins baru.

Salah satu kelemahan pada wordpress.com adalah bahwa kita tidak bisa mengubah-ubah script seperti halnya di blogger. Nah, supaya Anda bisa mengubah script pada wordpress maka anda perlu memiliki domain dan hosting sendiri. Dengan begitu Anda mempunyai hak akses yang lebih. Namun jika Anda tidak memiliki domain dan hosting sendiri, Anda tidak perlu khawatir, karena dalam wordpress.com sudah banyak template-template yang siap digunakan. Selain itu Anda juga dapat mengolah headernya agar lebih menarik.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan langkah-langkah praktis untuk membuat blog dengan wordpress dan pengeloaan wordpress untuk blogging. Jika Anda benar-benar pemula, dan ingin belajar, maka pada tulisan ini saya juga menyediakan langkah-langkah pembuatan email dengan gmail yang juga dapat Anda peroleh secara gratis. Namun satu account email hanya dapat digunakan untuk membuat 1 account wordpress. Hal ini berbeda dengan blogspot yang dapat dibuat banyak blog hanya dengan 1 account email.

Meskipun para master blogger sudah banyak, namun para pemula pun masih banyak dan mereka baru mulai belajar dari awal. Sepantasnyalah saya memberikan tutorial gratis dengan harapan mereka bisa memiliki hobi untuk ngeblog. Fenomena new bie tidak akan pernah habis selama kehidupan ini masih ada. Jadi marilah kita juga siap untuk berbagi jika kita sudah mampu atau memiliki kelebihan lain yang bisa dibagikan pada orang lain.

Siapkan diri Anda untuk mengikuti langkah-langkah tutorial berikut.

Download Tutorial Pembuatan Blog dengan WordPress

Tutorial Pembuatan Blog dengan WordPress | istiyanto | 4.5