Tutorial Pemrograman Database Dengan Oracle

Beberapa semester yang lalu saya sempat mengajarkan pemrograman database dengan oracle. Oracle yang yang gunakan adalah express edition karena gratis alias tanpa bayar sepeserpun. Tentu saja ada suka duka mengajar oracle untuk siswa SMA. Cukup sulit hal ini jika diberikan untuk tingkat SMA saat ini, tetapi mungkin beberapa tahun lagi saya kira akan cocok untuk anak SMA. Menurut saya, materi pemrograman dengan oracle akan sangat cocok jika diberikan untuk SMK jurusan TI atau RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Memang beberapa negara sudah banyak yang menggunakan materi ini terutama untuk siswa SMA, misalnya: India, China, Malaysia, US, Inggris dan lain-lain. Siswa-siswa yang mempelajari oracle untuk tingkat SMA berada dalam tingkat Oracle Academy. Jika kita tidak segera berbenah, maka kita pasti akan ketinggalan dengan negara-negara berkembang lainnya. Dari segi perangkat keras saya memiliki kendala, terutama, spek RAM yang tinggi min 512 MB atau 1 GB untuk recomendednya. Padahal di sekolah saya baru terpasang 256 MB, sehingga cukup berat untuk menjalankan software oracle express edition. Download tutorial ?

Kesulitan lainnya adalah koneksi internet yang lambat, karena untuk mengerjakan soal-soal atau kuis harus secara online dan membutuhkan koneksi yang tinggi. Emm … banyak juga kendalanya. Belum lagi menghadapi siswa-siswa yang belum siap dengan hal-hal yang berbau pemrograman dan ketertarikan dengan TI yang rendah. Lemahnya penguasaan bahasa inggris juga menjadi salah kendala yang tak bisa dipungkiri. Sehingga, materi permrograman dengan oracle saya kira sangat cocok bagi siswa SMK di jurusan TI. Padahal keuntungan mempelajari oracle sangatlah besar, mengingat oracle adalah

Namun kendala-kendala di atas dapat saya atasi dan saya sesuaikan dengan kondisi sekolah tempat saya bekerja. Jika Anda berminat ingin mempelajari oracle berikut beberapa tutorial dasar yang dapat Anda download secara gratis. Tutorial ini lebih banyak materi desain databasenya (ERD) daripada programmingnya. Ada 7 tutorial yang dapat didownload.

Klik disini untuk download tutorialnya.

Untuk soal-soal latihannya akan saya berikan pada posting selanjutnya. Selamat mendownload !

Tutorial Pemrograman Database Dengan Oracle | istiyanto | 4.5