Ujian Akhir Nasional Sebentar Lagi

Beberapa minggu lagi, siswa-siswi kelas XII akan menempuh ujian. Tentunya banyak cara yang sudah ditempuh untuk mempersiapkan ujian tersebut. Bahkan, minggu ini sekolah-sekolah di DIY sudah menempuh TPHBS (Tes Penjajagan Hasil Belajar Siswa). Tes tersebut sebenarnya dapat dijadikan tolak ukur sejauh mana persiapan yang sudah kalian lakukan. Sudah optimal atau belum ? Jika nilai TPHBS Anda sudah maksimal, maka saran saya, jangan lengan lengah dengan nilai tersebut atau membuat Anda malah jadi malas untuk belajar karena terlalu pede. Namun, jika nilai TPHBS Anda belum mencapai batas tuntas kelulusan maka sebaiknya Anda harus belajar lebih giat lagi agar nilai UAN Anda melebihi batas tuntas yang sudah ditentukan.

Tentunya UAN 2008 sedikit lebih kompleks karena jumlah pelajaran yang diujikan berjumlah 6. Perencanan dan strategi harus diatur dengan matang agar pada waktu ujian kalian tidak mengalami masalah-masalah yang seharusnya tidak terjadi. Hal baru bagi anak-anak IPS adalah adanya mata pelajaran Matematika di UAN nanti, setelah beberapa tahun pelajaran tersebut tidak diujikan di UAN. Hal lain yang juga tidak boleh dikesampingkan adalah kesehatan Anda sendiri. Meskipun ada ujian susulan, namun Anda sebaiknya menjaga diri dan kesehatan Anda agar pada waktu ujian tubuh Anda benar-benar fit dan pikiran kalian jernih sekaligus menghindari ujian susulan.

Ujian Nasional tahun lalu soal dibedakan soal A dan soal B. Tentunya ada maksud dan tujuan dari semuanya itu. Namun saya melihat pada TPHBS hari ini saya tidak melihat bahwa  soal dibedakan menjadi soal A dan soal B. Semoga hal tersebut tidak menjadi masalah pada pelaksanaan ujian nanti. Dengan sistem apapun, jika Anda sudah siap, saya yakin bahwa Anda dapat melalui ujian nasional dengan baik.

Ujian Akhir Nasional Sebentar Lagi | istiyanto | 4.5