Ujian PLPG Sertifikasi Guru

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Sabtu, 22 Oktober 2011 besok saya akan menempuh ujian PLPG di Rayon Universitas Negri Yogyakarta (UNY). Tahap demi tahap telah terlewati. Meskipun agak berat, banyak manfaat yang telah saya peroleh dalam menjalani proses demi proses, setiap hari Sabtu dan Minggu dari pagi hingga sore.

Pada mulanya, saya memilih jalur portofolio di sertifikasi guru 2011 ini dengan bermodalkan sertifikat-sertifikat dari kejuaraan-kejuaraan yang telah saya ikuti dari tingkat propinsi hingga nasional. Pelatihan-pelatihan di tingkat nasional dan internernasioanal pun pernah saya lalui. Namun apa boleh buat, nasib mengatakan lain. Saya harus mengikuti PLPG karena tidak lolos pada seleksi menggunakan ujian online. Mohon maaf, di sisi saya tidak akan menjelaskan dasar mengapa saya tidak lulus ujian online.

Tetapi saya sangat bersyukur bisa terdaftar di PLPG tahun ini. Bersama-sama dengan guru-guru di DIY saya mengikuti PLPG di UNY pada mata pelajaran TIK. Di sisi lain, saya sangat senang bertemu dengan guru-guru baik di daerah kota, maupun sampai yang pelosok. Semunya menambah wawasan dan pengalaman saya.

Di SMA Kolese De Britto saya cukup beruntung. Fasilitas yang ada menurut saya memungkinkan saya untuk mengajar lebih dan dengan semangat. Input siswa yang bagus dan dukungan prasarana yang cukup dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar TIK.

PLPG kali ini menurut beberapa teman dan dosen memang agak berbeda. Tetapi yang terpenting bagi saya adalah manfaat yang telah saya peroleh. Berkat PLPG saya bisa banyak belajar lagi mengenai.

1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

2. Silabus, RPP dan Penilaian

3. Media Pembelajaran

4. Bidang TIK: Multimedia, Jaringan Komputer, Operasi Dasar TIK

Cukup melelahkan memang jika membayangkan banyaknya materi yang harus dipelajari ditambah dengan kondisi pada hari Sabtu dan Minggu dari pagi hingga sore.  Untuk kali ini mungkin saya belum bisa sharing file-file hasil workshop dan materi-materi ajar.

Lain kali saya akan upload file-file hasil workshop PLPG yang sekiranya bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan profesionalitasnya.

Dibandingkan dengan guru-guru yang sudah 20-25 tahun mengajar, dalam mengajar, saya masihlah belum apa-apa. Saya baru, 7 tahun mengajar di SMA Kolese De Britto. Dari pengalaman-pengalaman mereka, cerita-cerita mereka semakin meneguhkan saya untuk menjadi guru yang bisa berkarnya lebih untuk siswa baik di sekolah maupun untuk bangsa Indonesia.

Mungkin ini dulu yang bisa saya ceritakan, mohon maaf ini mau lanjut belajar, semoga ujiannya besok sukses. Salam buat teman-teman PLPG dan guru-guru lain yang sedanag berjuang. Sukses selalu dalam segala hal.

Salam,

Istiyanto

Ujian PLPG Sertifikasi Guru | istiyanto | 4.5