UN Matematika 2010

Advertisement

Melihat soal ujian nasional 2009, khususnya bidang studi matematika IPA SMA, ternyata ada satu hal yang menurut saya aneh.  Dalam kisi-kisi tidak disebutkan kemampuan yang diuji berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), tetapi dalam soal terdapat satu soal tentang kompetensi tersebut. Berikut soalnya.

Soal UN 2009
Enam tahun yang lalu, perbandingan umur A dan B adalah 3 : 2. Jumlah umur keduanya tiga tahun yang akan datang adalah 78 tahun. Umur A dua tahun yang lalu adalah ….
A.    30 tahun
B.    32 tahun
C.    36 tahun
D.    40 tahun
E.    42 tahun

Nah, seharusnya soal tersebut dimasukkan ke jurusan IPS atau Bahasa, bukan di IPA, karena tidak ada di kisi-kisi IPA. Memang jika dilihat dari tingkat kesulitan, soal ini termasuk soal mudah. Apakah untuk mempermudah siswa ? Atau memang tidak disengaja masuk ? Kita tidak tahu. Yang jelas penyusun soalnya yang lebih tahu.

Hal tersebut yang sudah coba saya analisis dari soal UN 2009. Untuk soal-soal lainnya sudah saya masukkan ke dalam kelompok kisi-kisi. Harapannya memudahkan guru dan siswa dalam memprediksi soal apa yang akan keluar dalam UN 2010, khususnya untuk bidang studi Matematika.

Yang jelas kisi-kisi UN 2009 dan 2010 sama. Tidak ada hal yang berbeda, sehingga harusnya Anda bisa mendapat nilai 9, bahkan dapat 10 dengan sempurna untuk mata pelajaran Matematika.

Saya hanya membahas dua jurusan SMA, yaitu IPA dan IPS. Untuk jurusan lain masih saya pertimbangkan. Jika Anda ingin mendapat prediksi UN 2010, jangan lupa untuk menjadi member di blog ini agar informasi terbaru dari Istiyanto.Com dapat Anda baca secara cepat.

Berikut saya sediakan analisis UN 2010. Silahkan dapat Anda download secara full.

1. UN 2010 jurusan IPA-Matematika
2. UN 2010 jurusan IPS-Matematika

Jangan lupa untuk memberi komentar pada kotak komentar, agar saya semakin bersemangat untuk membuat prediksi soalnya.

Salam
Istiyanto

Advertisement
UN Matematika 2010 | istiyanto | 4.5