Wassup dan Aizattos Related Posts

Advertisement

Sebaiknya, Anda harus hati-hati ketika memasang dua plugins wordpress dalam judul di atas. Beberapa template memang support dengan dua plugins tersebut, namun cocok saja tidak cukup. Selain mengetahui script template blog yang digunakan, sebaiknya Anda juga harus mengetahui performance blog Anda ketika kedua plugins tersebut terinstall.

Plugins wassup digunakan untuk melacak jejak pengunjung blog Anda secara real time. Kita juga dapat  mengetahui pengunjung yang sedang online di blog kita, rincian browser yang digunakan, nomor IP dan lain-lain. Memang plugins tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap selain keunggulan dari sisi pengelolaan (admin). Pengalaman saya menggunakan plugins wassup, pada mulanya tidak ada masalah. Namun setelah saya cek,  ternyata bandwidth saya mendadak meningkat secara signifikan dan tidak berbanding lurus dengan jumlah pengunjung yang ada. Tidak hanya satu atau dua kali, beberapa kali saya memiliki pengalaman yang sama. Daripada bandwidth saya habis seketika dan menambah biaya hosting, langsung saja saya cabut plugins tersebut. Huhh.


(Image edited from: http://www.ucd.ie/)

Demikian juga ketika saya menggunakan plugins aizattos related posts. Plugins tersebut ternyata juga memakan bandwidth yang berlebihan. Nah sebagai pengganti plugins wassup, Anda bisa menggunakan plugins statpress. Selain memiliki fitur yang lengkap dan tak kalah dengan wassup, plugins ini juga tidak memakan bandwidth yang berlebihan. Sedangkan sebagai pengganti aizattos related posts, Anda bisa menggunakan plugins wordpress related post. Tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan template yang  Anda gunakan. Hidup blogger !!!

Advertisement
Wassup dan Aizattos Related Posts | istiyanto | 4.5